Pendokumentasian Situs Jatigede Sumedang Tahap I

Cover Tahap 1 448x600 224x300 Pendokumentasian Situs Jatigede Sumedang Tahap I

Dalam rangka penyelamatan dan pelestarian Situs Jatigede tersebut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Balai Konservasi Peninggalan Borobudur, Direktorat Sejarah dan Purbakala, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata melakukan kegiatan Perekaman Data dan Pendokumentasian Penyelamatan Situs Jatigede Sumedang dengan Aplikasi 3D Laser Scanner Photogrammetry yang dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu tahap I, tahap II dan tahap III. Adapaun output data dari kegiatan ini diharapkan dapat mendukung solusi penanganan yang tepat dan ideal situs yang akan terkena dampak dari pembangunan waduk.

Kegiatan Perekaman Data ini bertujuan untuk mendapatkan data yang lengkap, detail dan akurat Situs yang berupa Makam-Makam di Kawasan Jatigede, Sumedang yang juga merupakan Kawasan yang akan dijadikan lokasi pembangunan Waduk Jatigede.

Tekanan pembangunan dan perubahan topografi lingkunganĀ  tentunya akan membawa dampak terhadap kelestarian situs Cagar Budaya yang merupakan warisan yang tidak ternilai harganya. Salah satu dari sekian banyak Situs Cagar Budaya di Indonesia yang terancam kelestariannya akibat tekanan pembangunan dan perubahan topografi lingkungan adalah Situs Jatigede yang terletak di daerah Sumedang, Propinsi Jawa Barat.

Kawasan Situs Jatigede terletak di wilayah genangan air yang akan dibangun Waduk Jatigede. Waduk itu sendiri direncanakan sebagai daerah tangkapan air bagi sumber air yang berada di sekitar wilayah genangan tersebut, sehingga pada musim penghujan air akan mengalir menuju ke waduk tersebut dan bahaya genangan banjir akan dapat dicegah.

Di samping perlindungan terhadap sumber daya air, banjir dan irigasi terhadap area pertanian yang ada, pembangunan waduk akan membawa pengaruh terhadap sumber mata pencaharian warga setempat khususnya bidang pariwisata.

Berdasarkan data sekunder yang dikeluarkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Barat, tahun 2009 dan Tim Penangan Cagar Budaya pada Satuan Tugas Percepatan Pembangunan Waduk Jatigede, di wilayah ini terdapat 42 (empat puluh dua) situs/BCB yang terdiri atas 94 objek yang tersebar di 12 desa pada 4 kecamatan. Kawasan yang ditempati sebagai calon genangan waduk Jatigede dapat digolongkan sebagai situs pemukiman, dengan tinggalan fitur dan artefak yang cukup beragam.

Situs pemukiman dengan tinggalan fitur dan artefak tersebut umumnya berupa makam dari tokoh-tokoh besar yang terkait dengan keberadaan sejarah daerah Sumedang di masa lalu. Keberadaan makam-makam kuna dengan nisan-nisan yang berangka tahun dari abad ke-19 M dan juga temuan artefak berupa pecahan keramik Cina dan botol minuman produksi Eropa, turut memberikan informasi akan adanya hubungan dan pengaruh dari luar kawasan itu di masa lalu, terutama dari Cina dan Eropa (sumber Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Tengah, 2009).

Pendokumentasian Situs Jatigede Sumedang Tahap I

unknown Pendokumentasian Situs Jatigede Sumedang Tahap I

 LAPORAN KEGIATAN - fix-Ke... 26-Jul-2012 09:23    3216k

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *